Bandara Supadio Pontianak Targetkan 3,2 Juta Penumpang






Pontianak -Pengembangan Bandara Supadio yang dikelola PT Angkasa Pura II tengah masih berlangsung. Bandara ini diharapkan mampu menampung 3,2 juta penumpang/tahun ketika rampung nanti. 

Selain pengembangan tersebut, pengelola bandara pelat merah ini juga mengupayakan pembukaan rute penerbangan baru untuk mencapai target jumlah kunjungan 3,2 juta penumpang/tahun.

"Pertama kami sedang mengupayakan pembukaan rute penerbangan langsung dari Pontianak ke Singapura," ujar General Manager Bandara Supadio, Bayuh Iswantoro saat berbincang di Bandara Supadio, Pontianak, Rabu (30/3/2016).

Saat ini, sambung dia, rute penerbangan ke Singapura dari Pontianak masih dilayani dengan penerbangan perantara melalui Jakarta dan Batam.

"Jadi orang dari Pontianak kalau mau ke Singapura dan sebaliknya itu harus ke Jakarta dulu atau Batam dulu. Itu membuat biaya lebih tinggi dan westing time (membuang waktu) lama sekali. Ini yang bikin orang akhirnya mengurungkan niat terbang Pontianak-Singapura," papar dia.

Alasan ini lah yang melatarbelakangi rencana pembukaan rute baru penerbangan langsung Pontianak-Singapura. Dengan pembukan rute langsung ini maka banyak keuntungan yang bisa dirasakan penumpang angkutan udara.

Pertama adalah biaya yang lebih murah, kedua adalah waktu tempuh yang lebih singkat.

"Sekarang, kalau low season (musim sepi) harga tiket Pontianak-Singapura via Jakarta sekitar Rp 1,5-2 juta, dengan waktu tempuh 2 jam lebih karena harus ke Jakarta dulu baru ke Singapura. Kalau langsung, tiket bisa di bawah Rp 800 ribu dan waktunya juga lebih singkat, bisa kurang dari 1 jam," beber dia.

Pembukan rute direct alias langsung juga akan dilakukan untuk rute Pontianak-Medan. Selama ini pun penerbangan Pontianak-Medan masih dilayani dengan penerbangan perantara lewat Jakarta.

"Dari catatan kami, ada 18.000 orang pertahun yang terbang dari Pontianak menuju Medan dan transit dulu di Jakarta. Ini kan potensi yang besar kalau bisa dilakukan penerbangan langsung," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi dalam kesempatan terpisah.

Latar belakang tersebut menjadi alasan yang kuat mengapa perlu dibuka rute penerbangan baru yang menghubungkan lasung Pontianak dengan berbagai daerah di dalam maupun luar negeri.

Selain penerbangan langsung Pontianak-Singapura dan Pontianak-Medan, masih banyak lagi rute penerbangan baru yang tengah diupayakan dapat dibuka dengan harapan dapat meningkatkan angka kunjungan sehingga angka 3,2 juta penumpang per tahun dapat dicapai.

Bandara Supadio sat ini melayani rute penerbangan domestik maupun rute internasional ke sejumlah tujuan yang dilayani enam maskapai yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, Kalstar, serta Trigana. Total penerbangan rata-rata per hari sebanyak 64 penerbangan.



Sumber : detik.com
Unknown
Unknown

Previous
Next Post »