Tips Biar SEMANGAT ngBLognya Kalian Semua Berapi-api Sampai suksesss



Tips Memelihara Semangat Ngeblog Biar Nggak Putus Ditengah Jalan
Membuat blog itu emang mudah, namun memelihara nyala api semangat ngeblog itu yang susah. Banyak sekali tantangan yang kita hadapi saat ngeblog, termasuk didalamnya menjaga konsistensi postingan.

Ngeblog atau biasanya dibilang blogging, membutuhkan semangat yang extra karena bukan Cuma online doang trus pengunjung berdatangan dengan sendirinya. Pengalaman saya sih, nggak mudah mendatangkan banyak trafik ke blog kita, tapi tidak ada sesuatu yang mustahil.

Ngeblog itu banyak tujuan, entah sekedar sharing, mencurahkan isi hari, diary online hingga bertujuan bisnis.

Blogging itu meliputi banyak hal antara lain: Membuat Blog (langkah awal), Menulis posting/artikel untuk memperbanyak halaman yang bakalan dikunjungi, optimasi dan rajin promosi blog (on page dan off page ada juga off line), mendesign tampilan/template yang terlihat bagus bagi pengunjung, dan masih banyak lagi...

Jika dibahas bakalan nggak ada habisnya kok gan, pastinya nggak akan kehabisan ide. Tinggal kita aja yang kudu kreatif dalam menulis konten dan melihat sisi mana yang paling banyak di gemari pembaca.

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk menjaga semangat ngeblog agar blog nggak jablay alias terabaikan. Mau tau selengkapnya simak penelusuran dibawah ini.

  1. Buatlah blog yang tema/topik/niche nya masih berhubungan dengan kegemaran dan hobi, tujuannya supaya kita tidak kehabisan ide dalam mengembangkan blog. Selain itu, kita juga menguasai apa yang sedang kita sampaikan melalui postingan. Misalnya Anda hobi main gitar, maka buatlah blog yang masih berhubugan dengan gitar, mulai dari A-Z.
  2. Jika seputar hobi Anda rasa berat, buatlah seputar pekerjaan dan aktivitas yang paling sering Anda lakukan. Misalnya tentang pekerjaan Anda sebagai guru atau konsultan.
  3. Buatlah blog yang temanya sangat spesifik sehingga postingan nggak mudah melebar kesana kemari yang tanpa arah dan tujuannya. Jika perlu lakukan riset sebelum membuat blog untuk mengetahui persaingan dan hasil pencarian kata kunci yang kita incar.
  4. Tentukan tujuan kamu ngeblog, apakah sekedar sharing, curhat atau untuk bisnis. Buat rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya dalam waktu 6 bulan menargetkan 1000 pengunjung, artikel 500 dan backlink 120.
  5. Tulislah posting secara berkala minimal 1 posting setiap harinya secara berkelanjutan tiada batasannya. Meskipun Anda mampu menulis posting 10 per hari, namun jika itu hanya berlangsung 6 bulan, selanjutnya Anda akan kehilangan semangat karena merasa usaha Anda sia-sia.
  6. Jangan buru buru untuk bermimpi menghasilkan uang dari blog, karena jika trafiknya masih bisa dihitung dengan jari mana mungkin mampu menghasilkan. Kebanyakan blogger putus ditengah jalan saat blognya tidak menghasilkan selama 2 tahun.
  7. Datangkanlah pengunjung hingga 1000 per hari, kemudian barulah di monetisasi dengan cara mu sendiri entah itu CPC, Affiliasi maupun jual produk sendiri. Ngeblog tidak akan membuat mu kaya dalam sebulan atau dua bulan, ingat itu ya! baca dulu: 

    Ketika Bob Sadino Dikira Tukang Sampah di Gedung Kantor Miliknya .

  8. Rajin-rajinlah berkunjung dan memberi komentar yang relevan pada blog lain yang topiknya berhubungan. Selain blog kita dapat backlink, hal ini juga sebagai silaturahmi dan promosi blog lho, percaya deh.
  9. Rajinlah mempromosikan blog kita, entah itu dengan cara menanam backlink di situs populer lain, sosmed, jika mampu keluarkan biaya sebagai investasi.
  10. Dan masih banyak yang lainnya (Next Level ya di bahas)


Saya kira posting ini sudah cukup panjang untuk dibaca, namun soal bobotnya saya sendiri belum bisa menentukan apakah bermanfaat atau nggak bagi pembaca. Yang pasti sih ini hanya sekedar berbagi, dibaca syukur nggak dibaca juga nggak masalah.


Tetap semangat dalam menulis dan ngeblog meskipun sibuk!

Sumber : tips bloggerborneo.com
Unknown
Unknown

Previous
Next Post »