Yang Tinggal di Pontianak pasti gak nyesel,KULINER nyah AJIB SUMPAHH!!!






Negara Indonesia terkenal dengan sebutan “Zamrud Khatulistiwa”, tetapi kota yang dilalui garis khatulistiwa ternyata tidak banyak. Sepengetahuan saya hanya ada 2 kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa yaitu Kota Bonjol di Sumatera Barat dan Kota Pontianak di Kalimantan Barat.
Di Kota Pontianak terdapat tugu khatulistiwa yang awalnya di bangun oleh penjajah Belanda, tepatnya berada di jalan khatulistiwa' tanya aja di mana tugu khatulistiwa pasti akan di kasih tahu lah hehe. selepas jalan jalan di kota pontianak pasti akan lapar apa salah ya mencoba menu khas pontianak yg enak.... di jamin
berikut kuliner khas pontianak yg  ketahui :


1.MIE TIAW PONTIANAK


Menu Chinese food yang terkenal adalah mie tiaw Apollo di jalan Pattimura dan mie tiaw 72 di jalan Antasari. Pilihannya dari mie tiaw goreng atau siram. Keduanya sama-sama nikmat karena mie tiaw ini dilengkapi dengan daging sapi, jeroan, telur, daun sawi dan toge.

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo
Mie Tiaw Goreng yang saya rindukan, hanya ada di pontianak

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo
Mie tiaw siram yg enak di makan di saat cuaca hujan


2.SOTONG PANGKONG

Menu ini juga merupakan menu khas saat bulan Ramadhan. Sotong Pangkong adalah sotong atau cumi yang telah dikeringkan dimasak dengan cara di panggang. Usai dipanggang, inilah yang membuatnya khas, lalu di pangkong atau artinya di pukul-pukul dalam bahasa Melayu agar dagingnya terasa lebih empuk. Kemudian, disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Saat dilumuri kuah sambal, rasa gurih dari cumi ini terasa nikmat di mulut. Namun tetap saja bagi yang tidak terbiasa menikmati sotong, akan mengeluhkan kenyal dan alot. Dibeberapa tempat sotong tersebut di giling, agar lebih mudah mengkonsumsinya.
Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

3.BUBUR PEDAS...



Apabila teman-teman datang ke Pontianak, bisa jadi disuguhi bubur yang unik ini. Terdiri dari campuran berbagai sayuran dan kaya akan rempah-rempah. Sepintas mirip bubur manado. Tapi bubur pedas lebih banyak sayurannya daripada berasnya, sehingga bubur ini kaya akan nutrisi dan vitamin. Rasanya juga sangat enak. yammmmmi lah
Sayurannya ada pakis, kangkung, kecambah, dan masih banyak sayuran lain hijau yang bisa dicampurkan sesuai selera. Daun yang paling penting harus dipotong sehalus mungkin adalah daun kunyit dan daun kesum. Dua daun ini harus ada saat membuat bubur pedas,Bubur pedas juga mengandung beras yang sebelumnya telah disangrai dan dihaluskan. Bumbu-bumbu yang lain juga ada yang disangrai bersama beras dan dihaluskan bersama. Ada parutan kelapa. Terlihat rumit pada awalnya tapi karena sudah terbiasa menemukannya di setiap rumah penduduk kampung saya, bubur pedas menjadi makanan yang sangat istimewa.
Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo
Di Pontianak sendiri, bubur pedas juga disebut sebagai makanan khas Pontianak.



4.Peng Kang

PENGKANG, kuliner khas dari Kalimantan Barat yang mirip seperti lemper, terbuat dari beras ketan dibentuk segitiga dan dibungkus daun pisang. Didalamnya ada ebi yang membuat aroma makanan ini menjadi lebih "merangsang". Cara memasaknya cukup unik, dua buah pengkang dijepit menggunakan kayu, kemudian dibakar di atas bara api. Rasa gurihnya membuat kita sulit untuk berhenti membuka lembar demi lembar daun pisang pelapis pengkang ini. Makanan ini bisa didapat di Pondok Pengkang, sekitar 30km dari Kota Pontianak, hanya sekitar 100m dari Pondok Grafitasi.
Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo


5.Burung Punai goreng atau bakar


Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Burung Punai mirip burung merpati yang berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Jenis burung yang suka hidup berkelompok tersebut diolah menjadi menu masakan disini. Tekstur dagingnya gurih. Burung liar ini masih dapat ditemukan disekitar Pontianak dan Mempawah. Mereka di tangkap dengan cara dijaring atau menggunakan perekat. Resto ini nyaris selalu ramai setiap harinya. Setiap pengunjung yang ingin ke Mempawah, Singkawang atau ke Entikong, wilayah perbatasan RI dengan Serawak, Malaysia Timur selalu mampir ke Pondok Pengkang. Disini mereka biasanya istirahat sambil menikmati pengkang atau pesan untuk dibawa. Resto ini juga sudah buka sejak pukul tujuh pagi hingga tengah malam

======


6.PISANG GORENG KHAS PONTIANAK


Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Pisang goreng khas pontianak kremes-kremes gurih bikin menggoda selera. Pisang goreng memang makanan yang sudah akrab di masyarakat Indonesia, namun pisang goreng pontianak memiliki keunikan dengan adanya kremesan yang membungkusi pisang goreng tersebut sehingga terasa renyah jika dikunyah. Pisang goreng pontianak juga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam rasa seperti rasa coklat, susu, pandan, durian, blueberry, strawberry, kacang, nangka, keju,



Sajian “Extreme Culinary”





Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Jika anda termasuk penggemar “extreme culinary” cobalah di salah satu resto yang menawarkan makanan daging tupai, ular dan labi-labi. Kami memesan menu makanan daging tupai dan labi-labi. Labi-labi adalah sejenis kura-kura air tawar yang memiliki tempurung bulat polos. Hidungnya runcing dan warnanya tubuhnya abu kehitam-hitaman. Daging labi-labi yang kenyal dan kaya lemak ini disajikan dengan dengan kuah panas dengan bumbu jahe dan rasanya manis seperti semur. Sementara daging tupai goreng ini disajikan bersama dengan kuah kental yang manis. Khusus untuk ular ada beberapa cara penyajian, seperti rica-rica, goreng kunyit, kuah lada hitam, dan goreng tepung.

Kwee Cap

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Mungkin anda akan merasa aneh dan asing ketika mendengar nama makanan ini. Kwee cap merupakan makanan yang terbuat dari terbuat dari seperti kwee tiau yang dibentuk membundar hingga agak menggulung. Rasanya yang lembut dan kenyal ketika dikunyah sangat cocok dipadukan dengan KERUPUK KULIT BABI!!!!!! yang dimasak sampai mengembang dan empuk. Kwee cap juga bisa ditambahkan kacang kedelai dan tahu. Sebagai bumbu pelengkap tersedia lada, minyak bawang putih yang banyak, dan sambal. Semua paduan bumbu semakin membuat hidangan ini jadi gurih, pedas, dan hangat.jadi tidak halal yah gan...


Lek Tau Suan

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Makanan mirip INGUS ini sebenarnya sangat enak loh.Di sepanjang Jalan Gajahmada, Pontianak anda bisa menemukan salah satu kuliner khas Pontianak yang terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya. Kuliner ini dinamakan Lek Tau Suan (bahasa Tionghoa dialek Tio Ciu ; yang jika diartikan kira-kira adalah Butiran Mutiara Kacang Hijau). Mungkin ini mengacu pada tampilan Lek Tau San yang berbiji-biji dan nampak berkilauan seperti mutiara ketika tertimpa sinar terang. Lek Tau Suan dimasak dengan kuah kental bening (tepung tapioka), gula pasir, dan pandan. Kemudian dihidangkan bersama Gorengan Ca Kwee yang garing. Aromanya tentu harum pandan dan kacang hijau. Kuliner ini lebih nikmat apabila disajikan hangat dan cocok dinikmati di malam hari atau ketika cuaca hujan. Ketika masuk mulut sasanya manis, lembut, dan ada sensasi kriuk-kriuk ketika menggigit Ca Kweenya yang garing.

Chai Kwe Pontianak

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Salah satu jajanan kesukaan saya saat di Pontianak adalah chai kue. Chai kue adalah makanan sejenis pangsit, mungkin mirip seperti gyoza, atau kuo tie. Chai kue sebenarnya sama saja dengan choi pan, yang membuat berbeda adalah bahasanya. Chai kue itu bahasa Tio Ciu, dan choi pan itu bahasa Hakka. Biasanya berbentuk setengah lingkaran, tapi ada juga yang berbentuk lingkaran. Kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan juga tepung tapioka dengan ketebalan yang cukup tipis. Isinya bermacam-macam, ada yang berisi bengkuang, kacang, atau daun kucai, yang sudah dicampur dengan ebi. Chai kue bisa dimasak dengan cara dikukus atau digoreng. Biasanya disajikan dengan bawang putih goreng yang dicincang kasar, dan dimakan dengan sambal biasa atau sambal ebi.


Makanan lainnya yang bisa dijumpai



=========





ES LIDAH BUAYA....

Sebagian masyarakat mungkin hanya tahu kalau lidah buaya hanya cocok untuk menyuburkan rambut. Tetapi saat ini sudah banyak pelaku industri yang memproduksi berbagai olahan makanan dari lidah buaya mulai dari dodol, manisan, teh, dan lain-lain. Tapi yang paling sederhana adalah pemanfaatan lidah buaya sebagai minuman. Lidah buaya dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam karena kesegaran yang dimilikinya. Di beberapa jalan utama Pontianak ataupun cafe-cafe, anda bisa dengan mudah menemukan es lidah buah yang menyegarkan itu.
Es Lidah Buaya, merupakan makanan penutup paling pas. Lidah buaya sendiri memang banyak diolah menjadi makanan di kota khatulistiwa ini, termasuk sebagai minuman yang segar.
Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Es Krim Petrus (Es Krim A Ngie)

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo
 Jika Anda berkunjung ke Kota Pontianak sempatkanlah mencicipi es krim legendaris Pontianak. Namanya Es Krim Angi, tapi lebih dikenal dengan nama Es Krim Petrus sebab lokasi berjualannya di depan sekolah SMP-SMA Petrus, Jalan KS Tubun, Pontianak.
Es Anggi ini sudah ada sejak 60 tahun yang lalu, kini usaha ini dikelola oleh generasi ketiga. Tempatnya sederhana, menempati teras rumah yang dilengkapi meja dan kursi kayu. Ada enam macam rasa yang ditawarkan, yaitu rasa coklat, stroberi, cempedak , nangka, durian dan vanila. Keistimewaan yang ditawarkan es ini yaitu adukan yang terasa sangat lembut dan manis di lidah.
Tambahan isian yang memanfaatkan bahan lokal seperti kacang merah, rumput laut dan cincau membuat cita rasa es Anggi ini semakin khas dan nikmat. Uniknya lagi, tempat atau wadah untu penyajian menggunakan batok atau tempurung kelapa.
Harga jual dari es Angi porsi kecil dijual Rp 8 ribu, sedangkan porsi besar dijual Rp 15 ribu. Selain rasa durian, wangi dari rasa cempedak juga tajam menusuk hidung. Kedua rasa ini hanya diproduksi apabila sedang musim buah durian dan cempedak di Pontianak, jadi kedua varian rasa ini hanya dapat dibeli pada musim-musim tertentu saja.

Masih banyak seh Kuliner kuliner lainnya, jika agan ingin mencoba tidak salah nya berkunjung ke pontianak...

Bagi kawan kawan yang ingin mengetahui oleh oleh khas pontianak adalah sebagai berikut : cekidot 



Coklat wijen pontianak

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Coklat wijen pontianak merupakan salah satu produk khas kalbar, bagi anda para penggemar coklat tidak salah untuk mencoba Coklat wijen pontianak. seperti dengan namanya Coklat wijen pontianak terbuat dari kombinasi rasa coklat yang manis di gabung dengan wijen yang gurih
Coklat ini bisa dijadikan cemilan bagi anda para
penggemar coklat ataupun menjadi oleh - oleh khas dari pontianak.

Lempok durian

Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo

Lempok durian adalah makanan khas kota pontianak. Rasanya yang enak dan aroma ny bisa membangkitkan selera makan untuk sejenis dodol durian ini. Cocok juga di jadikan buah tangan maupun
cemilan sehari - hari. Dengan rasa durian asli pontianak, membuat anda akan ketagihan memakannya.



Olahan Lidah buaya




Kuliner khas pontianak ( KALBAR ) gan yg patut di coba... enak lhoo


“Tumbuhan lidah buaya bisa dikatakan makanan khas unggulan Kalimantan, lidah buaya bisa diolah sebagai makanan dan minuman yang lezat untuk dikonsumsi ada berbagai macam jenisnya seperti :
Dodol lidah buaya # Manisan Lidah buaya
Teh Lidah buaya # Coklat lidah buaya # Kerupuk l
idah buaya





masih banyak lagi oleh oleh khas pontianak,
Semoga temen Tanbery semua terhibur dan main main ke kota Pontianak yang INDAH dan Kuliner yang enak enak .hehe salam saya yah Tanbery



sumber:kaskus.com
Unknown
Unknown

Previous
Next Post »